PENGGUNAAN METODE STORYTELLING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI KELAS V SDN 066 HALIMUN (Penelitian Quasi Experiment di Kelas V SDN 066 Halimun Pada Subtema Organ Gerak Hewan)

NUR ARIPIN, 145060253 (2018) PENGGUNAAN METODE STORYTELLING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI KELAS V SDN 066 HALIMUN (Penelitian Quasi Experiment di Kelas V SDN 066 Halimun Pada Subtema Organ Gerak Hewan). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ENGLISH.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (98kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang peningkatan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar melalui penerapan metode storytelling pada materi Organ Gerak Hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) pada materi Organ Gerak Hewan sebagai efek diterapkannya metode storytelling apabila dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode konvensional. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Ekuivalen Pretest dan Posttest Control Group Design. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di salah satu Sekolah Dasar di Kota Bandung tahun ajaran 2018-2019 yang terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa isian yang terdiri atas tes keterampilan proses sains siswa sebanyak 3 butir soal. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh hasil skor rerata N-gain untuk tes keterampilan proses sains siswa untuk kelas eksperimen sebesar 0,4 (berkategori sedang), dan hasil skor rerata N-gain untuk tes keterampilan proses sains siswa untuk kelas kontrol sebesar -0,01 (berkategori sangat rendah). Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode storytelling memiliki peningkatan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar pada materi Organ Gerak Hewan yang sama apabila dibandingkan dengan penerapan pembelajaran dengan model biasa (tradisional). Kata Kunci: Metode Storytelling dan Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 06:27
Last Modified: 03 Oct 2018 06:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37279

Actions (login required)

View Item View Item