PENGARUH PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Survey Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Nasional Bandung)

Arlian Nurmala, 145020077 (2018) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Survey Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judulcpenelitian ini: PENGARUHcPENGELOLAANcKELAS OLEH GURU TERHADAPcPRESTASIcBELAJAR PESERTA DIDIK PADAcMATA PELAJARANcEKONOMI SISWA KELAScXIcSMA NASIONAL BANDUNG. Penelitiancini bertujuan untukcmengetahui pengaruhcpengelolaan kelascoleh Guru terhadapcprestasicbelajar peserta didik padacmatacpelajaran Ekonomicsiswa kelascXIcSMA Nasional Bandung. Masalah utama yang menjadi alasan penulis dalam melakukan penelitiancinicadalah karena kurangnya keterampilancguru dalamcpengelolaan kelascyang menyebabkan suasana pembelajaran membosankan, sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode penelitiancini merupakancpenelitian kualitatif dengancpendekatan survey, sehinggacsampel yang diambil secara acak cukup hanya satu kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebanyakc30csiswa. Sedangkan populasicdalamcpenelitian inicadalah seluruhcsiswa kelascXI IPScSMA NasionalcBandung sebanyak 60 siswa. Adapun instrumencyangcdigunakan berupa angketcuntukcvariabel pengelolaan kelas oleh guruc(variabel X) dancsoal Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk variabelcprestasi belajarcpesertacdidik (variabel Y). Berdasarkanchasil pengolahancangket penelitian yang penulisclakukan, menghasilkan kesimpulan akhir bahwa pengelolaan kelas berkategori “baik” dengan persentase jawaban keseluruhan 67 %. Sedangkan prestasi belajar peserta didik tergolong “sangat baik” 15 orang, “baik” 10 orang dan “cukup” 5 orang yang menunjukkan bahwa sebanyak 21 dari 30 siswa atau 70% telah mendapatkan nilai ketuntasan yaitu 76,00. Besar pengaruh pengelolaan kelas oleh guru yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik adalah sebesar 68,9%, halcinicdibuktikan dari nilai koefisiencregresi (R)csebesar 0,830 dan R Square sebesarc0,689 atau 68,9%. Halcini menunjukkan bahwacpengelolaanckelas oleh guru memberikanckontribusicsebesar 68,9% terhadapcprestasicbelajar peserta didik. Pengelolaanckelas oleh guru memilikicpengaruh yang signifikan terhadapcprestasicbelajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa t hitung 7,875 > t tabel 2,048 padactarafcsignifikanc5% dengan nilaicsignifikan 0,000,cyang artinya Hacditerima. Dengancditerimanya Ha, makacdapat ditarikckesimpulancbahwa tujuan penelitian tercapai. Berdasarkanchasil penelitiancini, makacpenulis memberikancsaran kepada mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan agar mampu untuk mengelola dan mengembangkan pengelolaan kelas secara interaktif, inspiratif dan inovatif yang mengakibatkan suasana kelas menjadi menyenangkan sehinggacprestasicbelajar peserta didik tercapaicdengancbaik. Penulis juga berharap bagicpeneliticselanjutnya untuk mengetahuicfaktor-faktor yangcmempengaruhi prestasicbelajar ekonomicselain yangcditeliti dalamcpenelitiancini. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 04:10
Last Modified: 03 Oct 2018 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37257

Actions (login required)

View Item View Item