Arlian Nurmala, 145020077 (2018) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS OLEH GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Survey Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI SMA Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB III.pdf Download (264kB) | Preview |
|
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (521kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Judulcpenelitian ini: PENGARUHcPENGELOLAANcKELAS OLEH GURU TERHADAPcPRESTASIcBELAJAR PESERTA DIDIK PADAcMATA PELAJARANcEKONOMI SISWA KELAScXIcSMA NASIONAL BANDUNG. Penelitiancini bertujuan untukcmengetahui pengaruhcpengelolaan kelascoleh Guru terhadapcprestasicbelajar peserta didik padacmatacpelajaran Ekonomicsiswa kelascXIcSMA Nasional Bandung. Masalah utama yang menjadi alasan penulis dalam melakukan penelitiancinicadalah karena kurangnya keterampilancguru dalamcpengelolaan kelascyang menyebabkan suasana pembelajaran membosankan, sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode penelitiancini merupakancpenelitian kualitatif dengancpendekatan survey, sehinggacsampel yang diambil secara acak cukup hanya satu kelas yaitu kelas XI IPS 2 sebanyakc30csiswa. Sedangkan populasicdalamcpenelitian inicadalah seluruhcsiswa kelascXI IPScSMA NasionalcBandung sebanyak 60 siswa. Adapun instrumencyangcdigunakan berupa angketcuntukcvariabel pengelolaan kelas oleh guruc(variabel X) dancsoal Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk variabelcprestasi belajarcpesertacdidik (variabel Y). Berdasarkanchasil pengolahancangket penelitian yang penulisclakukan, menghasilkan kesimpulan akhir bahwa pengelolaan kelas berkategori “baik” dengan persentase jawaban keseluruhan 67 %. Sedangkan prestasi belajar peserta didik tergolong “sangat baik” 15 orang, “baik” 10 orang dan “cukup” 5 orang yang menunjukkan bahwa sebanyak 21 dari 30 siswa atau 70% telah mendapatkan nilai ketuntasan yaitu 76,00. Besar pengaruh pengelolaan kelas oleh guru yang signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik adalah sebesar 68,9%, halcinicdibuktikan dari nilai koefisiencregresi (R)csebesar 0,830 dan R Square sebesarc0,689 atau 68,9%. Halcini menunjukkan bahwacpengelolaanckelas oleh guru memberikanckontribusicsebesar 68,9% terhadapcprestasicbelajar peserta didik. Pengelolaanckelas oleh guru memilikicpengaruh yang signifikan terhadapcprestasicbelajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data bahwa t hitung 7,875 > t tabel 2,048 padactarafcsignifikanc5% dengan nilaicsignifikan 0,000,cyang artinya Hacditerima. Dengancditerimanya Ha, makacdapat ditarikckesimpulancbahwa tujuan penelitian tercapai. Berdasarkanchasil penelitiancini, makacpenulis memberikancsaran kepada mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan agar mampu untuk mengelola dan mengembangkan pengelolaan kelas secara interaktif, inspiratif dan inovatif yang mengakibatkan suasana kelas menjadi menyenangkan sehinggacprestasicbelajar peserta didik tercapaicdengancbaik. Penulis juga berharap bagicpeneliticselanjutnya untuk mengetahuicfaktor-faktor yangcmempengaruhi prestasicbelajar ekonomicselain yangcditeliti dalamcpenelitiancini. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 04:10 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 04:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37257 |
Actions (login required)
View Item |