JUA LAELASARI, 145050078 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI MODEL-ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text
Abstract.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar PENGESAHAN.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (479kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan repesentasi matematis dan self-confidence siswa SMP rmasih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self-confidence siswa SMP adalah Model-eliciting Activities (MEAs). Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mengetahui pencapaian kemampuan representasi matematik siswa yang memperoleh Model-eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) Mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematik siswa yang memperoleh Model-eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) Mengetahui pencapaian self-confidence siswa yang memperoleh model Modeleliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran biasa; 4) Mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran Model-eliciting Activities (MEAs). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol non-ekivalen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-C dan kelas VII-E SMPN 3 Parongpong. Siswa kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Intrumen yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis siswa dan angket self-confidence siswa. Pengolahan dan analisis data menggunakan Independent Sample t-Test dan uji Scheffe dengan bantuan software Microsoft Excel dan software SPSS Statistic 17.0 for Window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pencapaian kemampuan representasi matematik siswa yang menggunakan model Model-eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa, 2) Peningkatan kemampuan representasi matematik siswa yang menggunakan model Model-eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran biasa, 3) Pencapaian self-confidence siswa yang menggunakan model Model-eliciting Activities (MEAs) lebih baik daripada siswa yang menggunakan model biasa, 4) Terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran Model-eliciting Activities (MEAs). Dengan demikian pembelajaran dengan Model-eliciting Activities (MEAs) dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan kemampuan representasi dan self-confidence siswa. Kata Kunci: Model-eliciting Activities (MEAs), Kemampuan Representasi Matematis, Self-confidence.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 03:47 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 03:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37247 |
Actions (login required)
View Item |