PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SECARA TULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SILENT VIDEO PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NENG SANTY APRILIANI, 145030138 (2018) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SECARA TULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SILENT VIDEO PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan menulis teks persuasi peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks persuasi pada penelitian ini menggunakan media silent video. Media silent video adalah video yang dibuat tanpa menggunakan perekaman suara terutama dialog sehingga siswa memperhatikan apa yang akan disampaikan video tersebut. Media silent video merupakan media yang menarik dan dapat menggugah minat siswa dalam pembelajaran menulis teks persuasi dan membantu siswa agar resposif dan gairah dalam menulis persuasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Lembang. Subjek penelitian ini adalah kelas ekperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelasnya terdiri dari 30 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Eksperimental desain bentuk pretes postes control group design, yaitu dengan menggunakan pretes dan postes dengan penugasan yang sama. Adapun hasil penelitian, yaitu : 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyajikan teks persuasi secara tulis dengan menggunakan metode silent video. Dibuktikan dengan perolehan nilai RPP 3,6 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,68. 2) peserta didik mampu menyajikan teks persuasi secara tulis. Dibuktikan dari nilai pretes sebesar 58,89 dan postes sebesar 81,73. 3) Media silent video lebih efektif digunakan dibandingkan media rekaman. Dibuktikan dengan hasil thitung pada kelas eksperimen adalah 14,16 dan thitung kelas kontrol sebesar 4,71. 4) hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan di kelas kontrol. Dibuktikan dari perolehan pretes peserta didik di kelas eksperimen sebesar 58,89 dan postes sebesar 81,73, dengan selisih sebesar 22,53. Hasil tersebut lebih besar dibandingkan perolehan hasil belajar di kelas kontrol, yaitu pretes sebesar 47,86 dan postes sebesar 56,23, dengan selisih sebesar 6,28. Berdasarkan bukti data hasil penelitian, maka penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat dinyatakan berhasil. Kata kunci : pembelajaran, menyajikan, persuasi, media silent video

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:46
Last Modified: 03 Oct 2018 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37218

Actions (login required)

View Item View Item