NENG SANTY APRILIANI, 145030138 (2018) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS PERSUASI SECARA TULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SILENT VIDEO PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LEMBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
bab II.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (686kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya keterampilan menulis teks persuasi peserta didik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks persuasi pada penelitian ini menggunakan media silent video. Media silent video adalah video yang dibuat tanpa menggunakan perekaman suara terutama dialog sehingga siswa memperhatikan apa yang akan disampaikan video tersebut. Media silent video merupakan media yang menarik dan dapat menggugah minat siswa dalam pembelajaran menulis teks persuasi dan membantu siswa agar resposif dan gairah dalam menulis persuasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Lembang. Subjek penelitian ini adalah kelas ekperimen dan kelas kontrol yang masing-masing kelasnya terdiri dari 30 orang peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian True Eksperimental desain bentuk pretes postes control group design, yaitu dengan menggunakan pretes dan postes dengan penugasan yang sama. Adapun hasil penelitian, yaitu : 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menyajikan teks persuasi secara tulis dengan menggunakan metode silent video. Dibuktikan dengan perolehan nilai RPP 3,6 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,68. 2) peserta didik mampu menyajikan teks persuasi secara tulis. Dibuktikan dari nilai pretes sebesar 58,89 dan postes sebesar 81,73. 3) Media silent video lebih efektif digunakan dibandingkan media rekaman. Dibuktikan dengan hasil thitung pada kelas eksperimen adalah 14,16 dan thitung kelas kontrol sebesar 4,71. 4) hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan di kelas kontrol. Dibuktikan dari perolehan pretes peserta didik di kelas eksperimen sebesar 58,89 dan postes sebesar 81,73, dengan selisih sebesar 22,53. Hasil tersebut lebih besar dibandingkan perolehan hasil belajar di kelas kontrol, yaitu pretes sebesar 47,86 dan postes sebesar 56,23, dengan selisih sebesar 6,28. Berdasarkan bukti data hasil penelitian, maka penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat dinyatakan berhasil. Kata kunci : pembelajaran, menyajikan, persuasi, media silent video
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 02:46 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 02:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37218 |
Actions (login required)
View Item |