PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU

KIKI ASPRIANI DEWI, 145060050 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. CAVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK BHS INGGRIS.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK BHS SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (685kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUATAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa peduli, santun, keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku. penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sirnabaya 1 dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan rasa peduli, santun, keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru masih menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian yang digunakan pada panelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian sikap peduli, santun, keterampilan berkomunikasi dan angket respon siswa terhadap menggunakan model discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rat-rata dari penilaian sikap peduli, santun keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar. Pada penilaian sikap peduli siklus I 57,6% dan siklus II 73,% sedangkan siklus III 92,3%, penilaian sikap santun siklus I 50% dan siklus II 65,3% sedangkan siklus III 88,4%, penilaian hasil belajar pada siklus I 61,5% dan siklus II 73% sedangkan siklus III 88,4% dan penilaian keterampilan berkomunikasi siklus I 42,3% dan siklus II 69,2% sedangkan siklus III 88,4%. Hal ini menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan rasa peduli, santun, keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN Sirnabaya 1 Kabupaten Karawang. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:07
Last Modified: 03 Oct 2018 02:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37196

Actions (login required)

View Item View Item