PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KALIMAT TESIS PADA TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

GUMELAR RAHAYU, 145030056 (2018) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KALIMAT TESIS PADA TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Untuk memperoleh informasi yang diinginkan secara lebih detail, seorang pembaca dapat melakukannya dengan cara membaca intensif atau membaca teliti. Salah satu membaca intensif yang dapat dilakukan yaitu, dengan cara mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi. Adapun permasalahan yang dihadapi peserta didik saat ini, yaitu peserta didik sulit dalam mengidentifikasi kalimat tesis teks eksposisi. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian Pre-Eksperimen. Adapun hasil penelitian berdasarkan pengolahan data penelitian yang telah penulis lakukan sebagai berikut. (1) Peserta didik kelas X SMK Pasundan 4 Bandung mampu mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi menggunakan metode cooperative script dengan baik. Hal ini terbukti, dengan hasil pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest yaitu 62,5, sedangkan nilai rata-rata posttest 76. Jadi, terdapat peningkatan nilai Pretest ke Posttest sebesar 13,5 atau 37,5%. Artinya, siswa kelas X SMK Pasundan 4 Bandung mampu mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi menggunakan metode coo-perative script; (2) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi menggunakan metode cooperative script pada siswa kelas X SMK Pasundan 4 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dari penilaian guru bidang studi Bahasa Indonesia terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Jumlah nilai rata-rata yang diperoleh penulis adalah 3,9 dengan kategori A (Baik sekali); dan (3) Metode cooperative script efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi. Hal ini, terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung 99,5> ttabel 6,8 pada tingkat kepercayaan 95% db 29. Dengan demikian, penulis menyimpulkan bahwa metode cooperative script efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi kalimat tesis pada teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Pasundan 4 Bandung. Kata Kunci : cooperative script, kalimat tesis pada teks eksposisi, pembelajaran, struktur kalimat tesis, syarat kalimat tesis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:00
Last Modified: 03 Oct 2018 02:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37194

Actions (login required)

View Item View Item