PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIFPROGRESIF METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Fauziah Nurul Laksmi, 145020048 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIFPROGRESIF METODE INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skipsi ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Inovatif Progresif Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa. Permasalahan dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model pembelajaran inovatif progresif metode inkuiri dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional metode ceramah di SMA Nasional Bandung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Nasional Bandung, tahun ajaran 2017/2018 yang keseluruhannya berjumlah 60 orang siswa, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas ekperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pre-test dan posttest, serta dokumentasi untuk menjawab permasalah tersebut menggunakan studi kuasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (bebas) yaitu penggunaan model pembelajaran inovatif progresif metode inkuiri (X) dan variabel dependen (terikat) yaitu hasil belajar (Y) siswa. Berdasarkan hasil penelitian terdapat peningkatan nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen dibandingkan dengan siswa kelas kontrol dimana hasil post-test kelas ekperimen yaitu 83,83 sedangkan hasil belajar post-test kelas kontrol yaitu 79,83. Pengujian hipotesis (Uji-t) post-test dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikansi atau pvaluenya adalah 0,000 atau lebih kecil dari 0,05 atau 5% yang artinya hipotesis yang berbunyi model inovatif progresif metode inkuiri (X) pada mata pelajaran ekonomi berpengaruh positif terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas XI tahun ajaran 2017/2018 di SMA Nasional Bandung. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada pendidik atau guru SMA Nasional Bandung untuk menggunakan model pembelajaran inovatif progresif metode inkuiri dengan baik dan benar agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Inovatif Progresif Metode Inkuiri, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 01:59
Last Modified: 03 Oct 2018 01:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37193

Actions (login required)

View Item View Item