PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA ANGKASA BANDUNG (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA Tahun Ajaran 2017/2018)

WENNI SETIAWAN, 145020112 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA ANGKASA BANDUNG (Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X MIPA Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER WENNI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK B. SUNDA WENNI.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK B. INDONESIA WENNI.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK B. INGGRIS WENNI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN WENNI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB 1 WENNI.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II WENNI.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17.BAB III WENNI.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
18. BAB IV WENNI BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
19. BAB V WENNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA JADI PDF.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pada keseluruhan proses pendidikan belajar dan mengajar disekolah, kegiatan belajar adalah merupakan kegiatan yang paling utama. Hal ini berarti tercapainya tujuan hasil belajar siswa banyak bergantung kepada bagaimana proses belajar yang dialami dan diberikan oleh para siswa sebagai peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapa besar Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa SMA Angkasa Bandung pada mata pelajaran ekonomi dengan tema koperasi. Pada penelitiani ini, penelitigmenggunakanumetodeleksperimenesemu (quasi eksperimen). Sedangkan Populasi penelitianeini adalahiseluruhisiswakkelas X MIPA SMAiAngkasa Bandung berjumlaho104 siswa. Data sampeloyang diambileadalah sebanyako72 siswa dengan menggunakan sampel nonprobabilitas dan teknik samplingnya adalah sampel sengaja (purposive sampling). Dataghasil belajarediperolehodari tes awale(pretest) dan tes akhir (posstest) dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS statistic 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yangimenggunakanimodel pembelajaranekooperatifotipexjigsaw dan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis maka diperoleh nilainsig. (2-tailed) sebesare0.002, nilaimsig. (2-tailed) < 0.05, diperoleh nilai sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikan sehingga H0 tolak dan H1 diterima, atau terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa SMA Angkasa Bandung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Maria Ifa dalam Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (2013, hlm. 2) juga telah melakukan penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 01:38
Last Modified: 10 Oct 2018 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37175

Actions (login required)

View Item View Item