PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA APLIKASI PREZI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SUB TEMA KOPERASI

YOHANA AYU HERIAWAN, 145020121 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA APLIKASI PREZI DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN SUB TEMA KOPERASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB III.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Aplikasi Prezi dan Pengaruhnya terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran Sub Tema Koperasi X IPS 2 Di SMA Negeri 9 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi sub bab koperasi di kelas X IPS 2 SMA Negeri 9 Bandung, serta mengetahui pemahaman materi pembelajaran peserta didik sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media aplikasi Prezi, dan untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media aplikasi Prezi terhadap pemahaman materi pembelajaran ekonomi sub bab ekonomi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPS 2 di SMA Negeri 9 Bandung yang berjumlah 31 peserta didik. Penulis membahas perumusan tersebut diatas dalam penelitian ini penulis menggunakan metode survei, dengan teknik pengumpulan data: studi pustaka dan kuisioner. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas, dengan teknik pengolahan data analisis korelasi product moment, dan uji Wilcoxon Matched Pairs. Hasil Penelitian Menunjukan: 1) penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media aplikasi Prezi pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 9 Bandung memiliki rata-rata 70,82%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media aplikasi Prezi pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 9 Bandung termasuk dalam kategori “baik”; 2) Berdasarkan hasil penelitian tingkat pemahaman materi Pembelajaran peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi sub tema koperasi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 9 Bandung memiliki rata-rata 75,88. Hal ini menunjukan bahwa pemahaman belajar peserta didik tergolong dalam kategori “baik”. 3) tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) melalui media pembelajaran aplikasi Prezi (x) terhadap pemahaman materi pembelajaran (y) dalam pembelajaran ekonomi sub bab koperasi kelas X IPS 2 di SMA Negeri 9 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018, hal ini berdasarkan pada hasil uji Wilcoxon yang menunjukan Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,000. Artinya hipotesis diterima dan menunjukan tidak adanya pengaruh dari hasil penelitian ini. Akhir penelitian, penulis menyampaikan saran bahwa guru sebaiknya mengadakan variasai model dan media pembelajaran agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Aplikasi Prezi, Pemahaman Materi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 03 Oct 2018 01:25
Last Modified: 03 Oct 2018 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37163

Actions (login required)

View Item View Item