PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF DAN SELF-CONCEPTSISWA SMP

SHAFITRI DAMAYANTI, 145050077 (2018) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN INDUKTIF DAN SELF-CONCEPTSISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (781kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Baleendah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran menggunakan pembelajaran konvensional. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk: 1. Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran induktif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, 2. Mengetahui self-concept siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, 3. Mengetahui korelasi positif antara peningkatan penalaran induktif dan self-concept pada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran induktif matematis , dan angket self-concept. Analisis data menggunakan software SPSS 20.0 for Windows. Hasil penelitian sebagai berikut: 1. Peningkatan kemampuan penalaran induktif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika memperoleh pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, 2. Self- Concept siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, 3. Terdapat kolerasi positif antara peningkatan penalaran induktif dan Self-concept pada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan kontekstual dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Penalaran Induktif Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 09:17
Last Modified: 02 Oct 2018 09:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37140

Actions (login required)

View Item View Item