PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERBASIS AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM (Penelitian Quasi Ekperimen Pada Sub Pokok Bahasan Menerapkan Prosedur Penataan Surat Kelas X PN 1 Dan X PN 2 SMK ICB Cinta Wisata Tahun Ajaran 2017/2018)

Muhamad Ikbal Sukma Wardani, 145020117 (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP BERBASIS AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM (Penelitian Quasi Ekperimen Pada Sub Pokok Bahasan Menerapkan Prosedur Penataan Surat Kelas X PN 1 Dan X PN 2 SMK ICB Cinta Wisata Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK IND.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ENG.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (336kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini berjudul penerapan metode pembelajaran peta konsep berbasis audio-visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran administrasi umum di SMK ICB CINTA WISATA Bandung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran masih didominasi oleh guru sehingga peserta didik kurang berperan aktif dalam pembelajaran, metode pembelajaran, bahan ajar, maupun strategi pembelajaran yang digunakan masih terhitung konvensional, sehingga siswa pasif dalam mengikuti proses kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan metode peta konsep berbasis audio-visual pada kelas eksperimen untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Indrawan dan Yaniawati (2016, hlm. 51) mengatakan: Penelitian dengan meggunakan metode-metode dalam pendekatan kuantitatif yang selanjutnya disebut penelitian kuantitatif, adalah suatu bentuk penelitian ilmiah yang mengkaji suatu permasalahan dari suatu fenomena, serta melihat kemungkinan kaitan atau hubungan-hubunganya antar variabel dalam permasalahan yang ditetapkan. Kaitan atau hubungan yang dimaksud bisa bemaksud hubungan kausalitas atau fungsional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. populasi dalam penelitian ini adalah kelas X PN 1 sebagai kelas Kontrol dan X PN 2 sebagai kelas ekperimen SMK ICB CINTA WISATA Bandung. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 21.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan SPSS versi 21.0 for windows dengan statistik parametrik, uji beda rata-rata (paired samples t-test dan Independent samples t-test), gain score dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan menggunakan metode peta konsep berbasis audio-visua dan metode pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai pada kelas eksperimen sebesar 78,25 > 72.25 untuk kelas kontrol dengan indeks N-Gain 0,283 untuk kelas eksperimen dan 0,153 untuk kelas kontrol. Penggunaan metode peta konsep berbasis audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Variabilitas peningkatan hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar Menerapkan Prosedur Penataan/dokumen yang diperoleh oleh peserta didik selama proses pembelajaran sebesar 19,8% yang disebebkan oleh adanya perlakuan dari metode peta konsep berbasis audio-visual. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru agar menciptakan suasana belajar yang efektif salah satunya dengan menggunakan metode peta konsep berbasis audio-visual yang menuntut peserta didik mencari, menganalisis serta mengevaluasi untuk memecahkan masalahdan mengkonsep materi materi yang komplek khususnya pada mata pelajaran administrasi umum guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : metode peta konsep berbasis audio-visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2018 03:19
Last Modified: 02 Oct 2018 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/37067

Actions (login required)

View Item View Item