PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SMA MELALUI MODEL GUIDED INQUIRY LAB PADA PEMBELAJARAN KONSEP DAUR ULANG LIMBAH

AISYI ALIAH MUKARRAMAH, 145040118 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SMA MELALUI MODEL GUIDED INQUIRY LAB PADA PEMBELAJARAN KONSEP DAUR ULANG LIMBAH. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK INDO.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB III.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dunia pendidikan yang menuntut peserta didik untuk memiliki berbagai keterampilan agar menjadi masyarakat berkualitas yang mampu menghadapi persaingan global dan pesatnya perkembangan IPTEK di abad ke- 21. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai peningkatan kemampuan memecahkan masalah siswa SMA melaui model guided inquiry lab pada pembelajaran konsep daur ulang limbah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan Non-Equivalent Control Groups Design. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIPA 2 berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain, uji t skor N-Gain dan uji Mann-Whitney yaitu uji kesamaan dua rata-rata pretest dan uji perbedaan dua rata-rata posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata N-Gain sebesar 0,28 dengan kategori rendah sedangkan kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata N-Gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Uji t pada skor N-Gain mendapatkan signifikansi 0,000 dengan arti bahwa kemampuan siswa kelas eksperimen lebih meningkat dari siswa kelas kontrol. Uji Mann-Whitney adalah uji perbedaan antara dua sampel dengan signifikansi <0,05. Pada uji kesamaan dua rata-rata pretest mendapatkan signifikansi 0,262 sedangkan pada uji perbedaan dua rata-rata posttest mendapatkan signifikansi 0,000. Dengan arti pretest kelas kontrol dan kelas eksperimen sama secara signifikan sedangkan postest kelas kontrol dan kelas eksperimen berbeda secara signifikan yaitu kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model guided inquiry lab lebih baik dari model verifikasi dan dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa terhitung sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Kata Kunci : Kemampuan Memecahkan Masalah, Model Guided Inquiry Lab, Konsep Daur Ulang Limbah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Sep 2018 07:33
Last Modified: 28 Sep 2018 07:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36989

Actions (login required)

View Item View Item