UTARI DWI CAHYA LESTARI, 145050055 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
(1) COVER.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
(6) ABSTRAK.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
(6) ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
(8) BAB 1.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
(9) BAB 2.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
(10) BAB 3.pdf Download (603kB) | Preview |
|
Text
(11) BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
(12) BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
(13) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan koneksi matematis dan self-concept memiliki peranan penting dalam keberhasilan siswa. Siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematis, dapat mengetahui hubungan berbagai konsep dalam matematika dan mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa dengan self-concept positif akan dapat mengetahui potensi dalam dirinya dan mengantisipasi kekurangan dirinya dalam pembelajaran matematika. Dalam hal ini, kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa masih tergolong rendah maka salah satu cara diperlukan perubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Mengetahui apakah self-concept siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 9 Bandung. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Data yang terkumpul diolah menggunakan software IBM SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh model Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada siswa yang meperoleh pembelajaran biasa; (2) Self-concept siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa yang memperoleh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL), kemampuan koneksi matematis, self-concept
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 27 Sep 2018 03:43 |
Last Modified: | 27 Sep 2018 03:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36954 |
Actions (login required)
View Item |