PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN CURIOSITY SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES (CUPs)

NURNINI, 145050069 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN CURIOSITY SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROSEDURES (CUPs). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRACT.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.BAB II.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
4.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] Text
5.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning, untuk mengetahui apakah Curiosity siswa yang memperoleh pembelajaran model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model Discovery Learning, untuk mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep matematis dan Curiosity siswa yang memperoleh model Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain kelompok pretest dan posstest, yang melibatkan dua kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sukaraja. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII.B sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik acak kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis tipe uraian dan angket curiosity matematis. Analisis data kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan Independent sample t-test melalui program SPSS 20.0 for Windows begitu pula analisis data curiosity matematis, dimana data diubah terlebih dahulu menjadi data kuantitatif menggunakan MSI (Method of Succesive Interval). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa: 1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pembelajaran Discovery Learning; 2) curiosity matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran Discovery Learning; 3) tidak terdapat korelasi antara curiosity matematis dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Kata Kunci: kemampuan pemahaman konsep, Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan curiosity matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:57
Last Modified: 25 Sep 2018 02:57
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36882

Actions (login required)

View Item View Item