“PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV C SD Negeri 054 Tikukur Kecamatan Coblong kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019”.)

Robista, 145060045 (2018) “PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU” (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV C SD Negeri 054 Tikukur Kecamatan Coblong kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019”.). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ROBISTA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ROBISTA.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ROBISTA.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ROBISTA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V ROBISTA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV C SDN 054 Tikukur Bandung. Pembelajaran yang diberikan secara konvensional yang cenderung monoton menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan siswa tidak mampu untuk berinteraksi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku kelas IV C SDN 054 Tikukur Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV C SDN 054 Tikukur Bandung Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes, adapun alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar test untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan hasil belajar siswa, sikap peduli, santun dan keterampilan mencari informasi. Pada penilaian hasil belajar siklus I 31,05% siswa dinyatakan tuntas, siklus II 60%, dan siklus III sebesar 92 %. Pada penilaian sikap peduli siklus I yaitu 58% siswa dinyatakan tuntas, siklus II 66,50%, dan siklus III 93%. Pada penilaian sikap santun pada siklus I yaitu 37% tuntas, siklus II 66,50%, dan siklus III 95%. Pada aspek keterampilan mencari informasi pada siklus I memperoleh 21% siswa tuntas, siklus II 66,50%, dan siklus III 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C SDN 054 Tikukur Bandung pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:12
Last Modified: 25 Sep 2018 02:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36869

Actions (login required)

View Item View Item