PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP

NISA FAUZIA, 145050046 (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika dimana siswa berinteraksi langsung dengan matematika melalui komunikasi matematis namun kenyataannya kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah masalah kepercayaan diri siswa masih rendah pula, untuk itu dibutuhkan self-confidence. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan stategi Everyone is a Teacher Here (ETH). Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model PBL dengan strategi ETH lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 2) mengetahui self-confidence siswa yang memperoleh PBL dengan strategi ETH lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa yang memperoleh PBL dengan strategi ETH. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Baleendah dengan sampel sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian soal-soal kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap yang menggunakan model Skala Likert. Skala sikap berisikan pernyataan-pernyataan mengenai self-confidence. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji-t dan uji korelasi dengan bantuan software Microsoft Excel dan software SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan strategi ETH lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model konvensional; 2) Self-confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan strategi ETH lebih baik daripada self-confidence siswa yang menggunakan model konvensional; 3) Terdapat korelasi positif antara komunikasi matematis siswa dan self-confidence siswa yang memperoleh pembelajaran PBL dengan strategi ETH. Dengan demikian model PBL dengan strategi ETH dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Self-Confidence, Problem Based Learning, Everyone is a Teacher Here

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Sep 2018 01:45
Last Modified: 25 Sep 2018 01:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36850

Actions (login required)

View Item View Item