Pengaruh Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Ajar Koperasi Kelas X Ips 4 SMAN 1 Soreang Tahun Ajaran 2017/2018)

SAHAT PARULIAN SIHOTANG, 145020065 (2018) Pengaruh Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Ajar Koperasi Kelas X Ips 4 SMAN 1 Soreang Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bhs. Indo.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ingg.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pengaruh Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Ajar Koperasi Kelas X IPS 4 SMAN 1 Soreang Tahun Ajaran 2017/2018). Perkembangan teknologi saat ini banyak berpengaruh dalam proses pembelajaran, Keterlibatan teknologi informasi dan komunikasi sangat diperlukan dalam membantu proses pembelajaran, selain dunia pendidikan yang tidak bisa terlepas hubungannya dengan teknologi, juga berguna dalam menghadapi dunia kerja. Salah satu jenis E-Learning yang sudah banyak digunakan di dunia pendidikan adalah Edmodo Social Network. Pembelajaran konvensional yang dirasa membosankan membuat peserta didik sering mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung. Dari permasalahan tersebut peneliti membuat rumusan masalah yaitu Seberapa besar pengaruh hasil belajar siswa setelah penggunaan media pembelajaran edmodo (Kelas Virtual). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media pembelajran edmodo terhadap hasil belajar siswa dengan metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs (Nondesigns) One Group Pretest-Posttest. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPS 4 SMAN 1 Soreang dengan Objek 35 orang. Teknik pengambilan data dengan pemberian soal posttest untuk mengetahui hasil belajar setelah menggunakan media edmodo dalam Pembelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Mendeskripsikan perkoperasian dalam perekonomian Indonesia. Hasil penelitian yang didapat pada pengujian paired samples test dengan taraf signifikan sebesar 5% (0.05) didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata atau adanya peningkatan hasil belajar. Dengan pengaruh variabel bebas yaitu Media Pembelajaran Edmodo (X) terhadap variabel terikat yaitu Hasil Belajar (Y) adalah sebesar 20,5% dengan interpretasi cukup dan Rata-rata N-Gain sebesar 0,67 yang termasuk ke interpretasi sedang (average) (0,30 < g < 0,70). Hal ini menunjukkan hasil belajar siswa dengan media pembelajaran edmodo lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang hanya dilakukan di dalam kelas. Kata kunci : Media Pembelajaran Edmodo, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Sep 2018 03:31
Last Modified: 20 Sep 2018 03:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36534

Actions (login required)

View Item View Item