PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung)

YANTI HERLINA, 145060014 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. COVER.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. BAB III.pdf

Download (944kB) | Preview
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN II4 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung yang disebabkan siswa hanya mendengarkan guru serta cara mengajar guru masih konvensional. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa, salah satunya dengan model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Discovery Learning pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan objek siswa kelas IV dengan menggunakan model Discovery Learning menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dengan menggunakan model Discovery Learning pada hasil belajar ranah kognitif siklus I sebesar 42%, siklus II 69%, dan siklus III 85%. Pada ranah afektif peduli siklus I sebesar 35%, siklus II 65% dan siklus III 85%. Ranah afektif santun siklus I sebesar 38%, siklus II 69% dan siklus III 88%. Ranah psikomotor siklus I sebesar 35%, siklus II 62% dan siklus III 81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:40
Last Modified: 19 Sep 2018 04:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36508

Actions (login required)

View Item View Item