YANTI HERLINA, 145060014 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. COVER.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
06. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
07. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
08. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (846kB) | Preview |
|
|
Text
17. BAB III.pdf Download (944kB) | Preview |
|
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
|
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (337kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN II4 Bojongkoneng Cibeunying Kota Bandung yang disebabkan siswa hanya mendengarkan guru serta cara mengajar guru masih konvensional. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan yang dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa, salah satunya dengan model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Discovery Learning pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan objek siswa kelas IV dengan menggunakan model Discovery Learning menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Adapun hasil yang diperoleh peneliti dengan menggunakan model Discovery Learning pada hasil belajar ranah kognitif siklus I sebesar 42%, siklus II 69%, dan siklus III 85%. Pada ranah afektif peduli siklus I sebesar 35%, siklus II 65% dan siklus III 85%. Ranah afektif santun siklus I sebesar 38%, siklus II 69% dan siklus III 88%. Ranah psikomotor siklus I sebesar 35%, siklus II 62% dan siklus III 81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN 114 Bojongkoneng Cibeunying. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Discovery Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 04:40 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 04:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36508 |
Actions (login required)
View Item |