Yuniar Puspita Sari, 145060139 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di SDN Citalem Kabupaten Bandung Barat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Indonesia.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak B. Sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (911kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (246kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Citalem Kabupaten Bandung Barat tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan dalam penelitian ini ada lah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku dan dilatarbelakangi dengan keadaan siswa yang kurang aktif pada saat pembelajaran, kurangnya sikap peduli dan santun serta rendahnya hasil belajar siswa karena guru sering menggunakan pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan belum menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan sikap peduli, sikap santun, keterampilan dan hasil belajar siswa. Pada siklus I per sentase hasil sikap santun siswa sebesar 73% dengan kategori cukup. Pada siklus II sebesar 82% dengan kategori baik dan pada siklus III sebesar 87% dengan kategori baik. Pada siklus I persentase sikap peduli siswa sebesar 73% dengan kategori cukup. Pada siklus II sebesar 80% dengan kategori baik dan pada siklus III sebesar 85% dengan kategori baik. Pada siklus I persentase keterampilan siswa sebesar 72% dengan kategori cukup. Pada siklus II sebesar 77% dengan kategori cukup dan pada siklus III sebesar 83% dengan kategori baik. Pada siklus I rata-rata penilaian hasil belajar yaitu 64 dengan persentase ketuntasan belajar 45%. Pada siklus II rata-rata penilaian hasil belajar yaitu 73 dengan persentase ketuntasan belajar 69% dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata penilaian hasil belajar yaitu 80 dengan persentase ketuntasan belajar 90%. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada tem a Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Kata Kunci: discovery learning, sikap peduli, sikap santun, keterampilan dan hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2018 03:18 |
Last Modified: | 19 Sep 2018 03:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36501 |
Actions (login required)
View Item |