PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA KONSEP MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 15 BANDUNG (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Semester 2 Tahun Akademik 2017-2018)

Irma Dwi Yanti, 145020057 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA KONSEP MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 15 BANDUNG (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS Semester 2 Tahun Akademik 2017-2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABTRACT.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah “ PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNINGTIPE THINK TALK WRITE(TTW) PADA KONSEP MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 15 Bandung)”, penelitian memiliki tujuan untuk 1) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Writepada kelas eksperimen 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol 3) Untuk Mengetahui apakah ada perbedaan peningkatan nilai siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan kelas yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Untuk membahas perumusan tersebut diatas penulis menggunakan metode eksperimen, denga n teknik pengumpulan data tes, studi dokumentasi, dan studi pustaka . Analisis instrumen meliputi analisis validitas, reliablilitas,tingkat kesukaran soal dan daya pembeda, menghitung skor mentah data pretest dan posttest, analisis normalitas Gain, analisis normalitas dan analisis homogenitas. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat peningkatan nilai siswa sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen dengan skor rata-rata hasil pretest pada kelas eksperimen sebesar 55,65 sedangkan skor rata-rata hasil posttest sebesar 86,61. Sehingga diperoleh N-gain sebesar 0,065, yaitu berada dalam kategori “sedang”, 2) Terdapat peningkatan nilai siswa antara sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas kontrol dengan skor rata-rata hasil pretest sebesar 53,55 sedangkan skor rata-rata hasil posttest sebesar 68,55. Sehingga diperoleh N-gain sebesar 0,032 maka dikategorikan”rendah”, 3) Terdapat perbedaan peningkatan nilai siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol jika dilihat dari N-gain kelas eksperimen yaitu sebesar 0,065 yang berkategori “sedang” sedangkan kelas kontol yaitu sebesar 0,032 yang berkategori “rendah”. Sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada pembaca apabila terdapat siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik. Salah satunya menggunakan model pembelajaran cooperative learning think talk write, karena model pembelajaran tersebut dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Think Talk Write, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Sep 2018 04:10
Last Modified: 15 Sep 2018 04:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36138

Actions (login required)

View Item View Item