PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERFOKUS PADA GAYA BAHASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

FITRI KARTIKA PUTRI, 145030044 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI BERFOKUS PADA GAYA BAHASA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 1 CIMAHI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ACC (PDF).pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ACC (pdf).pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ACC (pdf).pdf

Download (895kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ACC (pdf).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V ACC (pdf).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam Kurikulum 2013 pembelajaran menulis teks persuasi adalah salah satu pembelajaran yang melatih peserta didik dalam keterampilan menulis. Berkaitan dengan pernyataan tersebut, penulis bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa dengan menggunakan metode example non example pada siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Cimahi. Permasalahan-permasalahan yang saat ini ditandai oleh peserta didik dalam keterampilan menulis khususnya pembelajaran menulis teks persuasi adalah kesulitan dalam menentukan kalimat utama untuk memulai suatu karangan. Selain permasalahan dalam peserta didik, adapun permasalahan yang penulis ajukan adalah (1) Apakah penulis mampu untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa dengan menggunakan metode example non example pada siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Cimahi? (2) Seberapa besarkah tingkat kemampuan siswa kelas VII dalam pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa dengan menggunakan metode example non example? (3) Efektifkah penerapan metode example non example digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa untuk siswa kelas VII SMP Pasundan 1 cimahi? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah kuasi eksperimen jenis one group pretest postest design. Adapun hasil penelitian sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa dengan menggunakan metode example non example. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,97; (2) Peserta didik kelas VII SMP Pasundan 1 Cimahi mampu menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa dengan menggunakan metode example non example. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 63,52 dan nilai ratarata posttest sebesar 84,16. Jadi, adanya peningkatan 20,64; (3) Metode example non example efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks persuasi berfokus pada gaya bahasa pada siswa kelas VII SMP Pasundan 1 Cimahi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 6,78 > 2,08 pada tingkat kepercayaan 95% dan db sebesar 25. Berdasarkan fakta tersebut, maka disimpulkan bahwa kegiatan hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima. Kata Kunci : Menulis, Teks Persuasi, Metode Example Non Example

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 13 Sep 2018 06:33
Last Modified: 13 Sep 2018 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36081

Actions (login required)

View Item View Item