PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN TENTANG KUALITAS KARYA CERPEN DALAM BENTUK TEKS ULASAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MAULIDINA WULANDARI SUDIMAN, 145030068 (2018) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN TENTANG KUALITAS KARYA CERPEN DALAM BENTUK TEKS ULASAN MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 COVER PDF.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 ABSTRAK PDF.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 ABSTRACT PDF.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 RINGKESAN PDF.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PDF.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 PDF.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 PDF.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
06 daftar pustaka PDF.pdf

Download (42kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menyajikan teks ulasan merupakan salah satu kegiatan berbahasa yaitu menulis. menulis teks ulasan adalah salah satu kompetensi dalam menginter-pretasi suatu karya. Pada pembelajaran menyajikan teks ulasan penulis memfokus-kan pada kreativitas dalam menyajikan tanggapan tentang kualitas suatu karya cerpen. Metode pembelajaran yang digunakan yakni metode Cooperative Integra-ted Reading and Composition. Metode Cooperative Integrated Reading and Composition merupakan metode pembelajaran yang kooperatif, yang bertujuan untuk mengaktifkan peserta didik dalam mengemukakan tanggapannya. Permasa-lahan yang penulis rumuskan dapat dirinci ke dalam pertanyaan sebagai berikut: 1) Bagaimanakah perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menyajikan tanggapan tentang kualitas karya cerpen dalam bentuk teks ulasan pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode Cooperative Script pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandung?; 2) Efektifkah metode Cooperative Integrated Reading and Composition digunakan dalam melaksanakan pembelajaran menyajikan tanggapan tentang kualitas karya cerpen dalam bentuk teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandung?. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian true eksperimen. Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah sebagai berikut. 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menyajikan tanggapan tentang kualitas karya cerpen dalam bentuk teks ulasan antara kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal tersebut terbukti dari nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih unggul yaitu rata-rata postes 80,13 dan pretes 42,09 dengan selisih rata-rata 38,04, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata postes 65,71 dan pretes 36,38 dengan selisih rata-rata 29,33. 2) Metode Cooperative Integrated Reading and Composition efektif digunakan dalam pembelajaran menyajikan tanggapan tentang kualitas karya cerpen dalam bentuk teks ulasan dengan pembuktian hasil perhitungan uji statistik sebesar thitung > ttabel , yakni 21,99 > 17,45, dibandingkan metode Cooperative Script pada kelas kontrol dengan pembuktian hasil uji statistik sebesar thitung < ttabel, yakni 10,55 < 15,67. Kata kunci: Pembelajaran, Menyajikan, Ulasan, Cerpen, Metode CIRC.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:06
Last Modified: 13 Sep 2018 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36072

Actions (login required)

View Item View Item