Siti Hafni Mushbihin, 145060201 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Tentang Problem Based Leraning di Kelas IV SDN Cibeureum 01 Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa inggris.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa sunda.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (647kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (540kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik terpadu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV SDN Cibeureum 01, sebanyak 29 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase sikap Peduli 69% yang dikategorikan dengan nilai Mulai Terlihat dan sikap Santun 70% dikategorikan dengan Mulai Berkembang, kemudian pada Siklus II nilai sikap Peduli 74% dan pada sikap Santun 73% dan terakhir pada Siklus III memperoleh nilai sikap Peduli 80% yang dapat dikategorikan dengan nilai Membudaya dan nilai sikap Santun 83% juga dikategorikan dengan nilai Membudaya. Keterampilan, dari penilaian keterampilan juga mengalami peningkatan yaitu pada Siklus I keterampilan siswa memperoleh nilai 70% yang dikategorikan dengan nilai Cukup, kemudian pada Siklus II yaitu 80% yang dikategorikan dengan nilai Baik dan pada Siklus III memperoleh nilai 90% yang dikategorikan dengan nilai Baik. Hasil belajar siswa yang peneliti dapatkan melalui Pretest dan Postest yaitu pada Siklus I diperoleh nilai rata-rata Pretest 66,2 dan Postest 82 yang dapat diinterpretasikan ke dalam nilai B atau Baik, kemudian pada Siklus II meningkat dengan memperoleh nilai rata-rata Pretest yaitu 73,1 dan nilai rata-rata Postest 84,1 yang dapat dikategorikan dengan nilai B atau Baik, dan pada Siklus III memperoleh nilai rata-rata Pretest 80,6 dan Postest 92,7 dan dapat dikategorikan dengan nilai A atau Sangat Baik. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Santun, Peduli.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 06:37 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 06:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36009 |
Actions (login required)
View Item |