PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN

YETI ABRIANTI, 145060181 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.indo.docx.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (164kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN Dukuh 1 Kacamatan Ciasem Kabupaten Subang dengan subjek penelitian yang berfokus pada siswa kelas IV dengan jumlah siswa 16 orang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yang mendeskripsikan rendahnya hasil belajar siswa pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Desain penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan sikap peduli dan santun serta hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar setiap tes. Maka hasil untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I memperoleh hasil sebesar 83,75%, meningkat pada siklus II sebesar 87,5% dan meningkat pada silus III sebesar 95%. Untuk peningkatan pelaksanaan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari setiap siklusnya yaitu siklus I 88,75%, siklus II 91,25%, dan siklus III 96,25%. Peningkatan sikap pada subtema pembelajaran sikap peduli yaitu pada siklus I 63%, siklus II 75%, dan siklus III 93,75% dan sikap santun sama menunjukan adanya peningkatan sikap santun yaitu pada siklus I 68,75%, siklus II 81,25%, dan siklus III 93,75%. Sedangkan untuk tes pembelajaran juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 50%, siklus II 81,25% dan siklus III 100%. Hal itu dikarenakan pada model Discovery Learning yang aktif selama pembelajaran adalah siswa sedangkan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Dukuh 1. Dengan demikian model Discovery Leaning dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran pada materi lain dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran agar bisa lebih baik. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 06 Sep 2018 07:10
Last Modified: 06 Sep 2018 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35978

Actions (login required)

View Item View Item