YESRI WIDARSI, 145060032 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SDN 033 ASMI Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. Cover Yesri Widarsi.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
02. Abstrak Indonesia.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
03. Abstrak Inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
04. Abstrak Sunda.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
05. BAB 1.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB II.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB III.pdf Download (561kB) | Preview |
|
Text
08. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
09. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil pengamatan di kelas IV SDN 033 Asmi Bandung , guru belum terlalu menggunakan model-model sehingga siswa kurang aktif dan kurang berani tampil di depan kelas, belum berani mengungkapkan pendapat dan belum berani mencoba dalam kegiatan pembelajaran, selain itu juga masih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar belum sesuai dengan apa yang di harapkan. Jadi penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik, melalui model problem based learning dalam tema indahnya kebersamaan subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN 033 Asmi Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui peningkatan rasa percaya diri peserta didik serta keterampilan-keterampilan yang dimiliki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian rasa percaya diri belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I muncul sikap percaya diri 32,14% dengan kategori cukup, siklus II 82,14% dengan kategori baik dan siklus III 96,42% dengan kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil belajar peserta didik pada data awal hanya 40% atau 11 orang yang dinyatakan tuntas, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 53,57% atau 15 orang, siklus II menjadi 71,42% atau 20 orang, dan siklus III menjadi 92,85% atau sebanyak 26 orang peserta didik dari 28 peserta didik. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning terbukti dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Problem Based Learning, Rasa Percaya Diri, dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2018 06:12 |
Last Modified: | 06 Sep 2018 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35964 |
Actions (login required)
View Item |