PEMBELAJARAN MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN TEKS RESENSI BERFOKUS PADA KONJUNGSI TEMPORAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 PARONGPONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

DINDA PERMATA FAUZIAH, 145030049 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS KAIDAH KEBAHASAAN TEKS RESENSI BERFOKUS PADA KONJUNGSI TEMPORAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 PARONGPONG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Menganalisis adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyelidiki suatu bacaan dari teks, sehingga memperoleh pemikiran baru. Model discovery learning adalah model pembelajaran berbasis penemuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memaparkan kemampuan siswa dalam menganalisis penggunaan konjungsi temporal pada teks resensi melalui model discovery learning. Rumusan masalah yang diajukan adalah (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menganalisis kaidah kebahasaan teks resensi berfokus pada konjungsi temporal dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas XI SMAN 1 Parongpong? (2) Apakah siswa kelas XI SMAN 1 Parongpong mampu menganalisis kaidah kebahasaan teks resensi berfokus pada konjungsi temporal dengan menggunakan model discovery learning? (3) Apakah model discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis kaidah kebahasaan teks resensi berfokus pada konjungsi temporal pada siswa kelas XI SMAN 1 Parongpong? Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan one group pretest-posttest design. Adapun hasil penelitian sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai pembelajaran menganalisis kaidah kebahasaan teks resensi berfokus pada konjungsi temporal pada siswa kelas XI SMAN 1 Parongpong dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,93. (2) Siswa kelas XI SMAN 1 Parongpong mampu menganalisis kaidah kebahasaan teks resensi berfokus pada konjungsi temporal dengan menggunakan model discovery learning. Hal ini terbukti dari hasil rata -rata pretest 28,37 dan nilai rata-rata posttest 70,41. Jadi, adanya peningkatan 42,04. (3) Model discovery learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis kaidah kebahasaan teks resensi berfokus pada konjungsi temporal pada siswa kelas XI SMAN 1 Parongpong. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > ttabel , yaitu 26,11 > 2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 28. Berdasarkan fakta tersebut, dapat disimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran menganalisis kaidah kebahasaan teks resensi berfokus pada konjungsi temporal dengan menggunakan discovery learning. Kata kunci : menganalisis, model discovery learning, teks resensi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2018 02:49
Last Modified: 06 Sep 2018 02:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35953

Actions (login required)

View Item View Item