PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Kelas VI SDN 184 Buahbatu Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Diniatul Islamiah, 145060088 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA TUMBUHAN SUMBER KEHIDUPAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Tema Selamatkan Makhluk Hidup Kelas VI SDN 184 Buahbatu Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01 Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak eglish.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran yang ada di dalam kelas, yaitu kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal ini dikarenakan siswa tidak dilatih untuk belajar memecahkan permasalahan yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Selain itu, guru belum memberi kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi dan mengkomunikasikan pendapatnya di depan kelas. Peneliti ingin memberikan solusi alternatif terhadap permasalahan tersebut dengan penerapan model Problem Based Learning pada subtema Tumbuhan Sumber Kehidupan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 184 Buahbatu Bandung dengan populasi siswa kelas VI yang berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart dengan dua siklus. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan angket. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada hasil penelitian menunjukan bahwa nilai hasil dokumen guru pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,31 dengan kategori B, sedangkan pada siklus II mendapatkan rata-rata sebesar 3,73 dengan kategori A. Penilaian aktivitas guru mendapatkan rata-rata-rata 3,26 dengan kategori B, sedangkan siklus II sebesar 3,73 dengan kategori A. Penilaian kemampuan berpikir kreatif siswa siklus I mendapat persentase sebesar 60% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 82,75%. Respon siswa terhadap pembelajaran pada siklus I mendapat persentase sebesar 86,25% dan 87,92% pada siklus II. Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I mendapat rata-rata kelulusan sebesar 77,23% dan pada siklus II mengalami kenaikan yaitu sebesar 84,48%. Berdasarkan data tersebut, hasil yang didapatkan mengalami kenaikan pada setiap siklus, maka dapat dikatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada subtema Tumbuhan Sumber Kehidupan. Kata Kunci: Problem Based Learning, kemampuan berpikir kreatif, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2018 06:32
Last Modified: 05 Sep 2018 06:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35931

Actions (login required)

View Item View Item