PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI MEDIA ASLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

MEIDINA TORI PUTRI, 145040050 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI MEDIA ASLI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Bismillah.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Bismillah.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Bismillah.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text
BAB V Bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai Media Asli untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimen Design dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA-3 di SMA Negeri 18 Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019. Hasil penelitian pada aspek kognitif didapatkan skor rata-rata Pretest sebesar 42,90 dan skor rata-rata Posttest sebesar 78,71 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan skor sebesar 0,62 dengan kategori sedang. Kemudian, hasil penelitian pada aspek afektif mendapatkan skor rata-rata sebesar 78 dengan kategori baik dan aspek psikomotor mendapatkan skor rata-rata sebesar 85 dengan kategori baik. Dari data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai media asli dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Problem Based Learning, Keanekaragaman Hayati, Media Asli

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2018 03:06
Last Modified: 05 Sep 2018 03:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35915

Actions (login required)

View Item View Item