PENGGUNAAN M ODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK M ENINGKAT KAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN ( Penelitian Tin dakan Kelas di Kelas V SDN 066 Halimun Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019 )

SINTA DEWI LESTARI, 145060243 (2018) PENGGUNAAN M ODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK M ENINGKAT KAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN ( Penelitian Tin dakan Kelas di Kelas V SDN 066 Halimun Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (980kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan di SDN 066 Halimun khususnya di kelas V dengan jumlah siswa 31 orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema organ gerak hewan. Penelitian ini dilatar belakangi d engan adanya permasalahan yang ditemukan peneliti yaitu metode konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga kurangnya sikap perca ya diri, sikap peduli, sikap tanggung jawab dan sikap disiplin siswa yang menyebabkan hasil belajar siswa menurun pada saat belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran dengan menggunakan model discovery le arning . Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan sikap percaya diri, sikap peduli, sikap tanggung jawab, sikap disiplin dan hasil belajar siswa. Pada siklus I sika p percaya diri siswa hanya mendapatkan hasil persentase sebesar 32%, pada siklus II mendapatkan hasil persentase sebesar 67% dan pada siklus III mengalami peningkatan dan mendapatkan hasil persentase 84%. Pada siklus I sikap peduli siswa hanya mendapatkan hasil persentase 42%, pada siklus II mendapatkan hasil persentase sebesar 71% dan pada siklus III mengalami peningkatan dan mendapatkan hasil persentase sebesar 84%. Pada siklus I sikap tanggung jawab siswa hanya mendapatkan hasil persentase 32%, pada sikl us II mendapatkan hasil persentase sebesar 71% dan pada siklus III mengalami peningkatan dan mendapatkan hasil persentase sebesar 87%. Pada siklus I sikap disiplin siswa hanya mendapatkan hasil persentase 48%, pada siklus II menda patkan hasil persentase sebesar 74%, dan pada siklus III mengalami peningkatan dan mendapatkan hasil persentase sebesar 84%. Hasil belajar siswa pada siklus I dari jumlah siswa 31 orang, hanya 15 orang yang sudah mendapatkan nilai KKM dengan persentase ketuntasan sebesar 48%, pad a siklus II 19 orang yang sudah mendapatkan nilai KKM dengan per sentase ketuntasan sebesar 61% dan pada siklus III 26 orang sudah mendapatk an nilai KKM dengan persentase 84%. Dengan demikian penggunaan model discovery learning yang digunakan sudah berhasil . Terbukti dengan adanya peningkatan persentase pada setiap siklusnya. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Sikap Percaya Diri, Sikap Peduli, Sikap Tanggung Jawab, Sikap Disiplin dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Mar 2021 05:18
Last Modified: 18 Mar 2021 05:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35894

Actions (login required)

View Item View Item