PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KASOMALANG TAHUN AJARAN 2017/2018

DELA TIA MAULANI, 145030038 (2018) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS VII SMPN 1 KASOMALANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menulis sebenarnya sudah diajarkan sejak dini, namun peserta didik masih saja mengalami kesulitan, apalagi dalam hal menuangkan ide. Berkaitan dengan penjelasan tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian dengan menggunakan model picture and picture. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan teknik penelitian observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut; 1) penulis mampu merencanakan, melaksankan dan menilai kegiatan pembelajaran menyajikan teks prosedur dengan menggunakan metode picture and picture. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,84. Kemampuan penulis termasuk kategori baik sekali (A); 2) Ada perbedaan signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam mengikuti pembelajaran menyajikan teks prosedur dengan menggunakan metode picture and picture. Hasil pretes kelas eksperimen adalah 1052 dengan rata-rata 50,10 dan hasil postes sebesar 1752 dengan nilai rata-rata 83,43. Sedangkan hasil pretes pada kelas kontrol adalah 934 dengan nilai rata-rata 46,7 dan hasil postes 1474 dengan nilai rata-rata 73,7; 3) Adanya peningkat hasil pretes dan postes pada pembelajaran menyajikan teks prosedur. Hal ini terbukti dari hasil pretes kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 50,10 dan nilai rata-rata postes 83,43, sehingga menghasilkan peningkatan dari pretes dan postes sebesar 33,33. Sedangkan untuk kelas kontrol, nilai rata-rata pretes sebesar 46,7 dan nilai rata-rata postes sebesar 73,7, sehingga menghasilkan peningkatan dari pretes dan postes sebesar 27; 4) Metode picture and picture efektif digunakan dalam pembelajaran menyajikan teks prosedur. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 15,21, t tabel sebesar 2,09 pada tingkat kepercayaan 95% taraf signifikan 5% dan db sebesar 20. Kata kunci: Pembelajaran, menyajikan, teks prosedur, picture and picture.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Aug 2018 04:25
Last Modified: 28 Aug 2018 04:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35774

Actions (login required)

View Item View Item