RESTU APRILLIA, 145030082 (2018) PEMBELAJARAN MENELAAH STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak indo.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak inggris.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II revisi1.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) | Preview |
Abstract
Teks prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah praktis yang dapat mempermudah kehidupan. Membaca teks prosedur bermanfaat agar kita memahami petunjuk untuk mengerjakan hal-hal yang spesifik dalam kehidupan sehari-hari.Discoveryadalah suatu metode yang menuntut siswa untuk belajar lebih aktif, kreatif, dan inovatif. Sehingga siswa dapat mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis dan logis. Penulis tertarik melakukan penelitian mengenai pembelajaran menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur menggunakan metode discovery learning pada peserta didik kelas VII SMP Nasional Bandung. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah; (1)mampukah peneliti merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran teks prosedur untuk peserta didik dengan menggunakan metode discovery learning berbantu media pada siswa kelas VII SMP Nasional Bandung?; (2)mampukah peserta didik kelas VII SMP Nasional Bandung membaca teks prosedur yang diberikan oleh pendidik dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaannya?; (3)efektifkah metode discovery learninguntuk meningkatkan pembelajaraan membaca pada peserta didik kelas VII SMP Nasional Bandung?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan peserta didik, dan ketepatan metode discovery learning dalam pembelajaran menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode eksperimen semu tipe one grup pretes-postes design adapun hasilnya; hipotesis pertama diterima dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran 3,66. Hipotesis kedua diterima, dilihat dari nilai rata-rata pretes sebesar 24,8 dan rata-rata nilai postes sebesar 71,9. Hipotesis ketiga diterima, dengan pembuktian hasil uji statistik thitung > ttabel, yakni 15,91 > 2,06 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 25. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menelaah struktur dan aspek kebahasaan metode discovery learningdapat diterima. Kata Kunci:pembelajaran, menelaah, teks prosedur, metode discovery learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 27 Aug 2018 06:26 |
Last Modified: | 27 Aug 2018 06:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35738 |
Actions (login required)
View Item |