ZHANI SRI RAHAYUNIKA, 145030102 (2018) PEMBELAJARAN MEMPERTUNJUKKAN SALAH SATU TOKOH DRAMA BERFOKUS PADA KARAKTER ANTGAONIS MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER .pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (543kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Mempertunjukkan adalah mempertontonkan sebuah sandiwara. Metode demonstrasi adalah pertunjukkan proses penampilan tingkah laku yang dicontohkan. Penulis tertarik melakukan penelitian “Pembelajaran mempertunjukkan salah satu tokoh drama berfokus pada karakter antagonis untuk meningkatkan karakter percaya diri pada peserta didik kelas XI SMA tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Method Convergent Parallel, yang terdiri dari kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun hasil penelitian uang telah dilakukan, yaitu: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama berfokus pada karakter antagonis dengan menggunakan metode demonstrasi. Dibuktikan dengan perolehan nilai RPP 3.92 dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3.97. 2) peserta didik mampu mempertunjukkan salah satu tokoh dalam teks drama berfokus pada karakter antagonis dengan baik dibuktikan dari hasil rata-rata pretes sebesar 46,96 dan postes 90.53. 3) Metode demonstrasi lebih efektif digunakan dibandingkan role playing. Dibuktikan dengan hasil kepercayaan 95% ternyata thitung lebih besar dari ttabel pretes dan postes pada kelas eksperimen yakni 33.53≥ 2.7 dan thitung lebih besar dari ttabel pretes dan postes pada kelas kontrol yakni 13.99≤ 2.7. 4) Hasil belajar peserta didik di kelas ekperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dibuktikan dengan perolehan hasil pretes peserta didik di kelas ekperimen sebesar 46,96 dan postes 90.53 hal tersebut lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 31.16 dan postes 61.66. 5) Metode demonstrasi lebih efektif digunakan dalam meningkatkan karakter percaya diri peserta didik dibandingkan metode role playing. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan karakter percaya diri selalu bersikap optimis pada kelas eksperimen yang ditunjukkan belum mampu dengan baik meningkat menjadi 29 orang berbeda dengan di kelas kontrol, yang awalnya ditunjukkan belum mampu dengan baik meningkat menjadi 14 orang. Kata Kunci: Mempertunjukkan, dialog tokoh antagonis, karakter percaya diri, metode demonstrasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Aug 2018 07:18 |
Last Modified: | 21 Aug 2018 07:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35618 |
Actions (login required)
View Item |