PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI SEBUAH RESENSI DARI KUMPULAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CUTTING GLUING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDUNG

IIS NELLA ROSIANI, 145030032 (2018) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI SEBUAH RESENSI DARI KUMPULAN CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK CUTTING GLUING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (577kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Resensi adalah ringkasan mengenai nilai dari sebuah karya. Penulis merumuskan rumusan masalah, yaitu: 1) Apakah penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengonstruksi sebuah resensi dari kumpulan cerpen dengan menggunakan teknik cutting gluing pada siswa kelas XI?; 2) Apakah siswa kelas XI mampu mengonstruksi sebuah resensi dari kumpulan cerpen dengan tepat dan benar?; 3) Apakah teknik cutting gluing efektif untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran mengonstruksi sebuah resensi dari kumpulan cerpen di kelas XI daripada menggunakan metode ceramah?; dan 4) Apakah peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan teknik cutting gluing lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode ceramah?. Penulis merumuskan tujuan penelitian yaitu: 1) Mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengonstruksi sebuah resensi dari kumpulan cerpen dengan menggunakan teknik cutting gluing; 2) Mengetahui kemampuan siswa mengonstruksi sebuah resensi dari kumpulan cerpen; 3) Mengetahui keefektifan penggunaan teknik cutting gluing dalam pembelajaran mengonstruksi sebuah resensi dari kumpulan cerita pendek pada siswa; dan 4) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan teknik cutting gluing dan siswa yang menggunakan metode ceramah. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu dengan teknik penelitian stud i pustaka, observasi, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran mengonstruksi sebuah resensi dari kumpulan cerpen dengan nilai rata-rata sebesar 3,71 yang termasuk dalam kategori baik sekali; 2) Siswa mampu melaksanakan pembelajaran mengonstruksi sebuah sebuah resensi dari kumpulan cerpen, dibuktikan dari nilai rata-rata prates yaitu 38,57 dan pascates yaitu 84,5. 3) Teknik cutting gluing efektif diterapkan dalam pembelajaran mengonstruksi sebuah resensi dari kumpulan cerpen, dibuktikan dengan hasil uji t -2,060 < 26,0284 > 2,060 dalam taraf kesalahan 5% dan derajat kebebasan 25; 4) Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada siswa kelas kontrol, dibuktikan dengan nilai uji indeks gain kelas eksperimen sebesar 0,6568 (interpretasi tinggi) dan kelas Kontrol sebesar 0,4958 (interpretasi sedang). Penulis menyarankan agar teknik cutting gluing dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam menulis terutama menulis resensi. Kata Kunci: Resensi, teknik cutting gluing, metode penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:47
Last Modified: 20 Aug 2018 06:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35554

Actions (login required)

View Item View Item