IKLAN SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PESAN MORAL

Denny Kurnia, 142050095 (2018) IKLAN SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN PESAN MORAL. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (25kB)
[img] Text
4. abstract, abstrak, riskesan.docx

Download (21kB)
[img]
Preview
Image
IMG_20180815_111218.jpg

Download (2MB) | Preview
[img] Text
8. part 2.docx

Download (81kB)
[img] Text
1. cover.docx

Download (130kB)
[img] Text
7. part 1.docx

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Iklan sebagai Media Penyampaian Pesan Moral”, dengan sub-judul “Analisis Semiotika Ferdinand De Sasussure pada Iklan Ramayana edisi Bahagianya adalah Bahagiaku”. Iklan ini memiliki makna dan tanda-tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud dalam memahami kehidupan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penanda, petanda yang terdapat pada iklan Ramayana edisi Bahagianya adalah Bahagiaku, serta bagaimana realitas eksternal dalam iklan. Selain itu penelitian ini juga mencari tau bagaimana sebuah iklan menyampaikan pesan moral yang bisa diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari yang memiliki nilai penting agar bisa memotivasi dan mengacu pada realitas sosial di masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang merupakan suatu penelitian yang mendalam. Metode penelitian kualitatif digunakan apabila masalah penelitian belum jelas memahami suatu makna yang tampak. Serta menggunakan teori semiotika Ferdinand De Saussure untuk menganalisis makna-makna yan terdapat dalam setiap adegan dalam iklan. Dengan mengacu pada teori konstruksi realitas sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menarik kesimpulan bahwa dalam iklan Ramayana edisi Bahagianya adalah Bahagiaku ini memiliki makna penanda dan petanda dalam setiap adegannya. Serta banyak kaitan erat dengan realitas dalam kehidupan di masyarakat. Sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami masyarakat. Hal-hal yang ingin peneliti rekomendasikan sebagai masukan yaitu untuk para kreator iklan dan agensi iklan ciptakannlah iklan-iklan yang berkualitas agar dapat membangun dan memberikan inspirasi dan motivasi kepada masyarkat untuk mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 15 Aug 2018 05:04
Last Modified: 15 Aug 2018 05:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35445

Actions (login required)

View Item View Item