FUNGSI PERILAKU ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA BIDANG SOSIAL BUDAYA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN KARAWANG

MEILIA RUHYANI, 002010001 (2018) FUNGSI PERILAKU ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA BIDANG SOSIAL BUDAYA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN KARAWANG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BAB II.doc

Download (128kB)
[img] Text
cover.doc

Download (26kB)
[img] Text
ABSTRAK indonesia.doc

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (30kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (121kB)
[img] Text
ABSTRACT inggris & sunda.doc

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil penjajagan di Bidang Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Karawang, ternyata kinerja pegawai masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari indikator sebagai berikut : (1) masih adanya pegawai yang kurang memanfaatkan waktu terlihat dari adanya pegawai yang terlambat dalam menyerahkan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. (2) masih kurangnya rasa tanggung jawab pegawai terhadap tugas yang di embannya. Permasalahan ini diduga disebabkan oleh (1) Kepala Bidang kurang memperhatikan motivasi yang berkesinambungan terhadap pegawai. (2) Kepala Bidang kurang memberikan perhatian pada pegawai mengenai perbedaan individu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu suatu penelitian yang menggambarkan peristiwa yang sedang berlangsung atau yang sedang terjadi pada saat penelitian dilakukan dengan jalan mengumpulkan data, menyusun data tersebut kemudian mengolahnya. Adapuun teknik pengumpulan yang dipakai adalah studi pustaka dan studi lapangan dengan menggunakan teknik-teknik sebagai berikut : observasi non partisipan, wawancara berstruktur serta angket. Berdasarkan hasil analisis diperoleh gambaran bahwa pelaksanaan perilaku organisasi belum dilaksanakan dengan baik, hal ini terlihat dari kinerja pegawai yang belum mengalami peningkatan. Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan perilaku organisasi adalan sebagai berikut : perbedaan individu belum sepenuhnya dilaksanakan, Kepala Bidang kurang memerikan penghargaan non materil kepada pegawai, pegawai kurang teliti dalam melaksanakan pekerjaannya, adanya pegawai yang kurang cakap dan mampu dalam melaksanakan pekerjaan yang diembannya. Usaha-usaha yang dilakukan oleh Kepala Bagian adalah sebagai berikut : Kepala Bidang berusaha menerapkan perbedaan individu, berusaha berlaku sama dalam memberikan penghargaan kepada bawahannya, hendaknya memberikan penilaian terhadap hasil kerja pegawai, memberikan pelatihan kepada pegawai yang kurang mampu dan cakap. Kesimpulan Kepala Bidang Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Karawang dalam pelaksanaan perilaku organisasi belum sepenuhnya melaksanakan konsep dasar perilaku organisasi secara menyeluruh, yaitu perbedaan individu, orang seutuhnya, dan perilaku termotivasi serta beberapa fungsi perilaku organisasi yang telah dijalankan masih harus ditingkatkan, yaitu nilai orang, sistem sosial, dan kepentingan bersama. Sedangkan ukuran-ukuran kinerja pegawai yang belum dilaksanakan sepenuhnya adalah mutu pekerjaan, inisiatif, kehadiran, keandalan, pemanfaatan waktu dan tanggung jawab. Ukuran kinerja yang sudah dilaksanakan yaitu kejujuran, sikap, kerja sama dan pengetahuan tentang pekerjaan. Saran-saran yang peneliti berikan adalah : Sebaiknya Kepala Bidang dapat memberikan perhatian dan bimbingan yang lebih terarah pada pegawai, sebaiknya Kepala Bidang meningkatkan hasil kerja pegawai.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:19
Last Modified: 08 Aug 2018 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34512

Actions (login required)

View Item View Item