PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN REPRESENTASI MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN CONCRETE REPRESENTATION ABSTRACT (CRA)

Anes Inda Rabbika, NPM. 168060036 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN REPRESENTASI MATEMATIS SERTA MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN CONCRETE REPRESENTATION ABSTRACT (CRA). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
jurnal aness_MPM - Copy.docx

Download (33kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar. Penelitian ini mengkaji tentang peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan representasi matematis serta motivasi belajar melalui pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) pada model Problem Based Learning (PBL) dan model konvensional. Metode yang di lakukan dalam penelitian ini adalah mix methods dengan tipe embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Plus pesantren Amanah muhammadiyah tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang di gunakan adalah 2 kelas dari 4 kelas. Di pilih secara random, dimana 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Instrumen yang di gunakan pada penelitian ini adalah berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis, tes kemampuan representasi matematis, angket motivasi belajar, observasi dan wawancara. Data yang di gunakan untuk menguji perbedaan dua rata – rata adalah uji t atau uji mann whitney (kuantitatif) dan deskripsi (kualitatif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) lebih baik daripada peserta didik yang mendapat pembelajaran konvensional, 2) kemampuan representasi matematis peserta didik yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) lebih baik daripada peserta didik yang mendapat pembelajaran konvensional, 3) motivasi belajar peserta didik yang mendapatkan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) lebih baik daripada peserta didik yang mendapat pembelajaran konvensional, 4) terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan representasi matematis peserta didik, 5) tidak terdapat korelasi motivasi belajar antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan representasi matematis peserta didik. Kata kunci : Concrete Representational Abstract (CRA), kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 08 May 2018 07:08
Last Modified: 08 May 2018 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33997

Actions (login required)

View Item View Item