Mengukur Kualitas Layanan Internet Menggunakan Metode Quality of Service (QoS) (Studi Kasus : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan)

KHOIRUL ANAM, 133040127 and Muhammad Tirta Mulia, DS and Rita Rijayanti, DS (2018) Mengukur Kualitas Layanan Internet Menggunakan Metode Quality of Service (QoS) (Studi Kasus : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Abstrack.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Peran teknologi informasi dalam dunia pendidikan sangatlah penting dan dengan menguasai teknologi informasi maka akan mempunyai modal yang sangat cukup untuk mengikuti persaingan di dunia pendidikan. Dalam mewujudkan pemanfaatan teknologi informasi yang baik diperlukan sebuah layanan yang membantu untuk kelancaran aktivitas di dalam sebuah instansi. Di dalam sebuah instansi pendidikan, dengan bertambahnya user yang menggunakan internet maka bertambah pula kebutuhan internet yang sesuai dengan jumlah user dan sangat berpengaruh pada kualitas layanan internet. Jika layanan internet tidak dapat menampung banyaknya pengguna internet maka akan membuat layannan internet menjadi terganggu. Kapasitas internet yang masih kurang akan menyebabkan layanan yang disediakan tidak optimal. Untuk mengetahui kualitas layanan internet yanng telah disediakan maka perlu dilakukan pengamatan serta pengujian untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan internet yang disediakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas layanan internet di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan. Penelitian ini dimulai dari pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, analisis, kemudian melakukan pengujian pada jaringan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan. Pengujian ini menggunakan parameter Quality of Service (QoS) yaitu Throughput, delay, packet loss dan jitter. Sehingga dapat diketahui kualitas layanan internet yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pasundan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah penilaian kualitas layanan internet dan pemberian rekomendasi. Kata kunci : QoS, Bandwidth, Packet Loss, Delay, Throughput, Jitter.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 01 Mar 2018 03:18
Last Modified: 01 Mar 2018 03:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33695

Actions (login required)

View Item View Item