KAJIAN SEMIOTIKA RIFFATERRE TERHADAP KUMPULAN PUISI SERIBU MASJID SATU JUMLAHNYA KARYA EMHA AINUN NADJIB BERORIENTASI NILAI RELIGIUS DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

Muhammad Iqbal, NPM. 158090015 (2018) KAJIAN SEMIOTIKA RIFFATERRE TERHADAP KUMPULAN PUISI SERIBU MASJID SATU JUMLAHNYA KARYA EMHA AINUN NADJIB BERORIENTASI NILAI RELIGIUS DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Artikel Jurnal Muhammad Iqbal - Copy.docx

Download (100kB)
[img] Text
1. Halaman Sampul.docx

Download (96kB)
[img] Text
6. Halaman Abstrak.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (62kB)
[img] Text
BAB 3.docx
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
BAB 4.docx
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] Text
BAB 5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] Text
BAB 6.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi sulitnya memahami makna dan nilai yang terkandung dalam puisi serta minimnya bahan ajar sastra sehingga pembelajaran sastra tidak variatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah ketaklangsungan makna yang terkandung dalam kumpulan puisi Seribu Masjid Satu Jumlahnya? (2) Bagaimanakah nilai religius yang terkandung dalam kumpulan puisi Seribu Masjid Satu Jumlahnya ditinjau secara heuristik dan hermeneutik melalui kajian semiotik Riffaterre? (3) Dapatkah hasil kajian semiotik Riffaterre terhadap kumpulan puisi Seribu Masjid Satu Jumlahnya berorientasi nilai religius untuk dimanfaatkan sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia? Tesis ini merupakan kajian terhadap kumpulan puisi Seribu Masjid Satu Jumlahnya menggunakan semiotik Riffaterre untuk menemukan makna puisi. Selain itu, kajian ini pun membahas keterkaitan nilai religius yang terkandung di dalam kumpulan puisi Seribu Masjid Satu Jumlahnya. Hasil penelitian ini kemudian dimanfaatkan sebagai bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik telaah pustaka dan teknik observasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: Semiotik Riffaterre merupakan pisau kajian yang dapat digunakan untuk menafsirkan puisi. Nilai religius yang terkandung dalam kumpulan puisi Seribu Masjid Satu Jumlahnya didominasi oleh nilai akidah. Hasil kajian dimanfaatkan sebagai alternatif bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik dan dapat digunakan dengan baik. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Nilai Religius, Puisi, Semiotika Riffaterre.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Feb 2018 07:36
Last Modified: 22 Oct 2021 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33184

Actions (login required)

View Item View Item