Perancangan Arsitektur Informasi untuk Tempat Pemakaman Umum Muslimin Sirnaraga Bandung menggunakan Business System Planning (BSP)

RIRIS MATUA LUBIS, 133040208 and Sali Alas Majapahit, DS (2018) Perancangan Arsitektur Informasi untuk Tempat Pemakaman Umum Muslimin Sirnaraga Bandung menggunakan Business System Planning (BSP). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
133040208_abstrak_20171.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133040208_cover_dll_20171.pdf

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133040208_bab1_20171.pdf

Download (215kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Arsitektur Informasi adalah suatu pemetaan atau rencana kebutuhan-kebutuhan informasi di dalam suatu organisasi. Arsitektur ini berguna sebagai penuntun bagi operasi sekarang atau menjadi cetak-biru (blueprint) untuk arahan di masa mendatang. Tujuan dari arsitektur ini untuk Tempat Pemakaman Umum Muslimin Sirnaraga adalah agar bagian teknologi informasi memenuhi kebutuhankebutuahn bisnis strategis organisasi. Oleh karena itu, arsitektur informasi memadukan kebutuhan informasi, komponen sistem informasi, dan teknologi pendukung. Perancangan Arsitektur Informasi ini menggunakan metode Business System Planning (BSP). Business System Planning (BSP) merupakan metodologi dengan tahapan utama yang mengacu pada proses bisnis dan aplikasi data, karena apabila organisasi menginginkan suatu pengembangan sistem informasi secara mendasar, harus diawali dengan kejelasan alur proses dan aliran data sehingga dalam pemanfaatannya dapat menyediakan dan memprioritaskan informasi bagi masing-masing bagian dalam organisasi. Business System Planning (BSP) menggunakan pendekatan yang terstruktur atau metodologi dalam membuat perencanaan sistem informasi secara terstruktur, terintegrasi, dan dapat diimplementasi untuk tujuan jangka waktu yang panjang dalam suatu organisasi. Model Business System Planning (BSP) adalah model untuk menggambarkan sistem informasi dengan arsitektur informasi. Model ini menguraikan perencanaan-perencanaan strategi, pengendalian dan produk yang dihasilkan menjadi proses-proses bisnis. Strategi sistem informasi yang dihasilkan dapat mendukung organisasi dalam menjalankan bisnis sesuai dengan tujuan organisasi. Hasil penelitian tugas akhir ini berupa rancangan arsitektur informasi untuk Tempat Pemakaman Umum Muslimin Sirnaraga. Penelitian ini dikembangkan untuk penelitian lain sistemsistem yang ada di TPU. Sehingga rancangan sistem informasi pada penelitian tugas akhir ini dapat digunakan oleh pengguna. Kata kunci: Arsitektur, Informasi, Perancangan, Business System Planning, Pemakaman

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 31 Jan 2018 05:07
Last Modified: 31 Jan 2018 05:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32730

Actions (login required)

View Item View Item