KERJASAMA INDONESIA – PAPUA NEW GUINEA MELALUI SISTER CITYDALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI PERBATASAN KEDUA NEGARA (STUDY KASUS:KAMPUNG MOSSO)

Siska Susana Pigome, 152030282 (2017) KERJASAMA INDONESIA – PAPUA NEW GUINEA MELALUI SISTER CITYDALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI PERBATASAN KEDUA NEGARA (STUDY KASUS:KAMPUNG MOSSO). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.docx

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
DAFTARA PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
KAFER LUX.docx

Download (71kB)
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Pada masa globalisasi saat ini, kerjasama internasional tidak hanya terbatas pada kerjasama yang dilakukan oleh pemerintah pusat tetapi kerjasama internasional bisa juga dilakukan oleh pemerintah daerah sebagai aktor internasional. Hal ini dapat terjadi dengan adanya dukungan dari pemerintah pusat berupa kebijakan desentralisasi yang dilaksanakan di Indonesia pada khususnya. Salah satu contoh kerjasama internasional yang telah dilaksanakan oleh Indonesia adalah kota jayapura kerjasama Sister City dengan kota vanimo (PNG).Kerjasama Sister City ini diharapkan akan mampu memberikan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak dalam meningkatkan pendidikan di perbatasan kedua negara. Kerjasama Sister City yang dilakukan oleh pemerintah kota jayapura dapat di analisis dengan menggunakan konsep kerjasama internasional dan jenis desentralisasi serta kewenangan daerah yang menyatakan bahwa kerjasama tidak terbatas pada kerjasama antarnegara saja tetapi juga bisa dilaksanakan oleh pemerintah daerah yang ada di negara tersebut. Salah satu kerja sama yang di lakukan antara kota jayapura dan vanimo adalah dengan melalui kerjasama sister city dapat meningkatkan pendidikan di perbatasan kedua negara maka dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil judul Kerjasama Indonesia-Papua New Guinea melalui sister city dalam meningkatkan pendidikan di perbatasan kedua negara (study kasus kampung mosso) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kerjasama sister city atau yang sering disebut kota kembar antara kota jayapura dan PNG.kota kembara ini pun juga mempunyai pengaruh yang besar dalam melakukan hubungan internasional dengan negara lain.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif, kualitatif dengan mendengar langsung dari narasumber, Guru Sekolah, Tokoh Masyarakat,dan satuan TNI yang bertugas di kampung mosso. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan didaerah perbatasan kampung mossomasihmengalami kendalahyakni,tenaga guru, sarana dan prasaranasekolah,perpustakaan, rumah dinas guru dan gedung sekolah yang kurang layak untuk dua sekolah dalam satu atap yang terlihat di kampung mosso. Kata kunci:hubungan bilateral, kerjasama perbatasan,sister city

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 01 Nov 2017 06:35
Last Modified: 01 Nov 2017 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31739

Actions (login required)

View Item View Item