“PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TELITI DAN DISIPLIN SERTA MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Perduli Terhadap Makhluk Hidup Sub Tema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku di Kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung)

Galih Prayoga, 125060132 (2017) “PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TELITI DAN DISIPLIN SERTA MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK” (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Perduli Terhadap Makhluk Hidup Sub Tema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku di Kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I fix.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (906kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III revisi bu tati.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.rtf revisi.rtf1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img] Text
BAB V galih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya sikap teliti serta disiplin dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema Perduli Terhadap Makhluk Hidup sub tema Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan sikap teliti serta disiplin dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik tema Perduli Terhadap Makhluk Hidup sub tema Hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku. Penelitian ini menggunakan motode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Muararajeun, sebanyak 25 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase sikap teliti dan sikap disiplin ketuntasan siswa mencapai 72% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori terlihat, dan pada siklus II persentase sikap teliti dan sikap disiplin ketuntasan siswa mencapai 96% dari jumlah keseluruhan siswa dengan kategori sangat terlihat. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 72% dari 25 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 7 orang atau sebesar 28% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 24 orang atau sebesar 96% dari 25 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 1 orang atau sebesar 4% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model Project Based Learning dapat menumbuhkan sikap teliti dan sikap disiplin siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Muararajeun pada pembelajaran tematik Tema Tema Perduli Terhadap Makhluk Hidup Sub Tema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan rumahku. Kata Kunci: Model Project Based Learning, Teliti, Disiplin, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2017 04:47
Last Modified: 21 Oct 2017 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31351

Actions (login required)

View Item View Item