Salma Nur Afni, 135040056 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP DIFUSI DAN OSMOSIS MELALUI PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1HALAMAN SAMPUL.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
7ABSTRAK.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
8ABSTRAK inggris.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
9ABSTRAK SUNDA.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
14BAB I.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
15BAB II.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
16BAB III.pdf Download (113kB) | Preview |
|
Text
17BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
Text
18BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
Text
19DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (44kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran eksperimen berbasis Problem Based Learning pada konsep difusi dan osmosis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pra-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Bina Dharma 2 dengan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas XI IPA yang berjumlah 13 orang, pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda dan 8 soal essay yang sudah diujicobakan sebelumnya. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 30,91 dan rata-rata pottest sebesar 75,67. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan dan uji nilai N-Gain, diperoleh hasil t hitung (16,32) > ttabel (2,18) dengan taraf signifikan α= 0,05, dari kriteria tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai indeks N-gain sebesar 0,64 termasuk kategori sedang. Hasil tersebut menunjukan bahwa penggunaan pembelajaran eksperimen berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep difusi dan osmosis. Hal ini merupakan feedback dari tahapan pembelajaran eksperimen berbasis Problem Based Learning. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen, Model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2017 03:26 |
Last Modified: | 21 Oct 2017 03:26 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31327 |
Actions (login required)
View Item |