PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP DIFUSI DAN OSMOSIS MELALUI PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Salma Nur Afni, 135040056 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP DIFUSI DAN OSMOSIS MELALUI PEMBELAJARAN EKSPERIMEN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8ABSTRAK inggris.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14BAB I.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15BAB II.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16BAB III.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text
17BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
18BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
19DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (44kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran eksperimen berbasis Problem Based Learning pada konsep difusi dan osmosis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pra-Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Bina Dharma 2 dengan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas XI IPA yang berjumlah 13 orang, pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda dan 8 soal essay yang sudah diujicobakan sebelumnya. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 30,91 dan rata-rata pottest sebesar 75,67. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t berpasangan dan uji nilai N-Gain, diperoleh hasil t hitung (16,32) > ttabel (2,18) dengan taraf signifikan α= 0,05, dari kriteria tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai indeks N-gain sebesar 0,64 termasuk kategori sedang. Hasil tersebut menunjukan bahwa penggunaan pembelajaran eksperimen berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep difusi dan osmosis. Hal ini merupakan feedback dari tahapan pembelajaran eksperimen berbasis Problem Based Learning. Kata kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2017 03:26
Last Modified: 21 Oct 2017 03:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31327

Actions (login required)

View Item View Item