PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN MENGAMBIL RESIKO SECARA BERTANGGUNGJAWAB (HABITS OF MIND) PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

NIKI MANGKU BADE, 135040066 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN MENGAMBIL RESIKO SECARA BERTANGGUNGJAWAB (HABITS OF MIND) PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (948kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI fiks.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan kebiasaan mengambil resiko secara bertanggungjawab (Habits Of Mind) pada konsep keanekaragaman hayati. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada kebiasaan mengambil resiko secara bertanggungjawab. Subjek penelitian yaitu kelas X MIPA di SMA PGII 2 Bandung tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah peserta didik 36 orang. Metode yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian One Group PretestPostest Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada penilaian ranah kognitif mendapatkan nilai pada uji Z dengan hasil nilai Z hitung 2,28, sedangkan nilai Z tabel -0,48, maka dalam perhitungan uji Z hasilnya yaitu hipotesis diterima atau metode yang digunakan sudah dikuasai oleh peserta didik. Sedangkan pada uji N-Gain mendapatkan nilai N-Gain 0,62 dengan kriteria sedang, terdapat peningkatan antara pretest (sebelum perlakukan) dan posttest (sesudah perlakuan). Penilaian ranah afektif yang terdiri dari lima aspek didapatkan nilai rata-rata yaitu 88,8 menunjukan kriteria yang sangat baik. Penilaian ranah psikomotor yang terdiri dari penilaian kinerja observasi dan diskusi, penilaian produk, dan penilaian respon peserta didik didapatkan rata-rata 82 menunjukan kriteria yang baik. Hasil uji korelasi kognitif dengan ranah afektif memiliki nilai koefesien korelasi -0,239>0,160 (data tidak berkolerasi), ranah afektif dengan ranah psikomotor memiliki nilai koefesien korelasi -0,378<0,023 atau (terdapat korelasi), ranah psikomotor dengan ranah kognitif memiliki nilai koefesien korelasi 0,0221<0,196 (tidak berkolerasi). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kebiasaan mengambil resiko secara bertanggungjawab (Habits Of Mind) peserta didik pada konsep keanekaragaman hayati. Kata kunci: Problem based Learning, habits of mind, kebiasaan mengambil resiko secara bertanggungjawab, keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Oct 2017 03:28
Last Modified: 21 Oct 2017 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31324

Actions (login required)

View Item View Item