CLARA, 135040036 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN DI SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
Cover.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (522kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (134kB) | Preview |
Abstract
Masalahdalampenelitianiniadalah media pembelajaran yang dimanfaatkan di SMP Pasundan 2 Bandung adalahbukupaketdan LKS sedangkanpemanfaatan LCD proyektordan multimedia masihjarangdigunakan.Contohnya multimedia dari Microsoft Power Point yang tampilannyamasihsederhanadanmasihterdapatkekuranganpadasegimateri, dan media.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaranberbasis multimedia interaktifpadasiswa SMP Pasundan 2 Bandung kelas VIII padamaterisistempencernaan . Penelitianinimenggunakanmetode research and development (R&D) dengansubyekpenelitianberjumlah 40 orang siswa yangberasaldarikelas VIII. Instrumenpengumpulan data yang digunakanberupa penilaian dari para ahli (ahli media dan ahli materi), angket, dan wawancara.Hasilpenelitianiniberupamultimedia interaktifmenggunakan Adobe Flash CS3yang telahdikembangkangkanpadapokokbahasansistempencernaan .Kualitasmultimedia interaktifmenggunakan Adobe Flash CS3padapokokbahasansistempencernaan adalahsangatlayakdenganpersentase4,9 % olehahlimateri dengan kriteria sangat layak, 4,9% olehahli media dengan kriteria sangat layak. Sedangkankelayakandiperoleh4,9% oleh guru SMP dengan kriteria sangat layakdantingkatkemenarikan41,6% olehsiswa dengan kriteria sangat baik. Kesimpulandaripenelitianiniyaitu: (1)bahwa media yang dikembangkan menggunakan adobe flash CS3 untuk materi sistem pencernaan layak digunakan dalam pembelajaran dikelas untuk siswa SMP kelas VIII dengan kriteria kelayakan sangat layak dilihat dari garis kontimum penilaian kelayakan multimedia interaktif, dan dilihat dari aspek-aspek pemograman dalam multimedia interaktif mendapat kriteria kelayakan sangat baik (2) hasil simulasi soal penggunaan media yang dikembangkan menggunakan adobe flash CS3 ini, dapat disimpulkan sementara bahwa media yang dikembangkan layak dipergunakan siswa karena dengan melihat hasil ketuntasan belajar sebesar 82,5% yang meningkat.(3) hasil penilaian kelayakan oleh guru Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Pasundan 2 Bandung memperoleh presentase yang cukup tinggi91,8% dengan kriteria kelayakan sangat layak. Kata Kunci: MultimediaInteraktif, Adobe Flash CS3, SistemPencernaan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2017 02:44 |
Last Modified: | 21 Oct 2017 02:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31270 |
Actions (login required)
View Item |