PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA UNTUK MENEMUKAN KEAKURATAN PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

NURUL FAUZIAH, 135040101 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA UNTUK MENEMUKAN KEAKURATAN PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) terhadap kebiasaan menemukan keakuratan pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada kebiasaan menemukan keakuratan, sedangkan bagi pendidik dan sekolah dapat dijadikan bahan pertimbangan alternatif untuk mengoptimalkan penerapan pembelajaran yang inovatif, aktif dan komunikatif serta dapat meningkatkan mutu lulusan sehingga dapat menciptakan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing dengan lulusan dari sekolah lain. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 2 di SMA Pasundan 3 Bandung dengan jumlah 23 orang. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen. Data hasil penelitian kemudian di analisis menggunakan uji-t dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian ranah pada kognitif mendapat nilai N-Gain 0,99 dengan kriteria tinggi, penilaian pada ranah afektif mendapat nilai 77 dengan kriteria baik dan penilaian pada ranah pengamatan sikap menunjukkan nilai 82,69 dengan mencapai kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kebiasaan menemukan keakuratan pada konsep pencemaran lingkungan. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), kebiasaan menemukan keakuratan, pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 20 Oct 2017 07:35
Last Modified: 20 Oct 2017 07:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31126

Actions (login required)

View Item View Item