PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNISI PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

NIDA ANNISA NURSHIYAM, 135040079 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN METAKOGNISI PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
012. BAB I DONE.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
013. BAB II DONE FIKS.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
014. BAB III DONE.pdf

Download (600kB) | Preview
[img] Text
015. BAB IV REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
016. BAB V SELESAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
02. daftar pustaka.pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan metakognisi siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada kemampuan metakognisi. Subjek penelitian yaitu kelas X MIPA 5 di SMA Negeri 2 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang. Metode yang digunakan adalah pre-experimental design, dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada penilaian aspek kognitif mendapat nilai N-Gain 0,46 atau mencapai kriteria sedang, penilaian pada aspek afektif mendapat jumlah rata-rata skor 82,16 atau mencapai kriteria sangat baik, penilaian pada aspek psikomotor mendapat jumlah rata-rata rata-rata skor yang dihasilkan dari penilaian produk adalah 95,00 atau telah mencapai kriteria sangat baik. Hasil Uji kolerasi aspek kognitif dengan nilai afektif memiliki nilai koefesien korelasi 0.455, nilai afektif dengan nilai psikomotor memiliki nilai koefesien korelasi 0.655 dengan signifikasi 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan metakognisi siswa pada konsep pencemaran lingkungan. Kata Kunci: Problem Based Learning, Habits of Mind, Metakognisi, Pencemaran Lingkungan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Oct 2017 07:30
Last Modified: 20 Oct 2017 07:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31124

Actions (login required)

View Item View Item