EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN

DEDE NAJMUDIN, 135040122 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK i.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAk ii.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK iii.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB III.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada konsep pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest desaign. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dengan bentuk multiple choise. Subjek penelitian yaitu kelas X MIA 1 di SMA PGRI 1 Bandung dengan jumlah 35 orang. Sampel dipilih secara acak (cluster random sampling) karena tidak ada kelas unggulan. Berdasarkan uji statistik pada taraf signifikasi uji-t 0,00 < 0,05 menunjukkan hasil terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata hasil pretest adalah 40,43 dan rata-rata posttest adalah 70,43 serta N-Gain mendapat nilai 0,50 dengan kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) efektif dan mempunyai pengaruh yang kuat dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik, hal ini merupakan feedback tahapan model Problem Based Learning (PBL) yang dikembangkan dalam menuntut peserta didik pada pembelajaran berbasis masalah pada konsep pencemaran lingkungan. Kata kunci: Kemampuan kognitif, Pencemaran lingkungan, Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Oct 2017 06:40
Last Modified: 20 Oct 2017 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31109

Actions (login required)

View Item View Item